Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Yang Punya Twitter Follow, Ada quotes, info, tips dan update blog ini... Thanks^^


Android Plan B (mengamankan Android dari pencuri)

Share on :


Tipsapja, Android Plan B (mengamankan Android dari pencuri) - Tidak ada seorang pun yang merencanakan akan kehilangan handphone-nya, namun ketika hal tersebut terjadi biasanya orang akan langsung panik. Saat melihat seseorang kehilangan iPhone-nya, saya mengerti bagaimana perasaannya. Tetapi karena saya memakai Android, saya tidak perlu menggunakan aplikasi "Find my iPhone", dimana aplikasi tersebut kurang memuaskan.
Bagaimana caranya?
Beruntung saat ini ada aplikasi gratis yang tersedia di Android yang bahkan jauh lebih baik daripada versi iPhone.
Mengapa Plan B untuk Android lebih baik daripada "Find My iPhone?"
Aplikasi baru dari Lookout Labs, pembuat anti-malware software untuk Android, bernama Plan B akan membantu anda mencari handphone anda yang hilang. Dan apakah yang membuat aplikasi ini lebih baik daripada aplikasi "Find my iPhone" kepunyaan iPhone?
Sederhana: anda dapat meng-install aplikasi ini setelah handphone anda menghilang.
Berterimakashlah kepada fitur Android Market-air installation, anda dapat memasukkan aplikasi ini ke dalam alat komunikasi anda hanya dengan meng-install dari website Android Market. Setelah itu, aplikasi tersebut otomatis akan bekerja pada alat komunikasi anda dan akan mengirimkan lokasi keberadaan handphone anda yang hilang melalui alamat Gmail anda.
Jika ternyata cara ini tidak berhasil, anda dapat meminjam handphone teman anda dan mengetik kata "locate" pada nomor telepon anda.

Pilihan yang lain untuk menemukan handphone yang hilang
Plan B bukanlah satu-satunya aplikasi yang terdapat di Android Market yang berguna untuk menemukan handphone yang hilang. Tetapi salah satu keunggulan aplikasi ini adalah ia gratis.
Tentu saja hal ini perlu dicatat karena banyak aplikasi sejenis yang memberikan harga tersendiri bagi aplikasinya. Contohnya, iHound memasang harga $3.99 per tahun dan memberikan penawaran berupa penyimpanan data handphone, alaram, Facebook, Twitter, dan Foursquare dan juga mengatur geofences. Geofences ini berguna untuk memberi tahu anda mengenai keberadaan anggota keluarga anda dalam jangkauan geografis yang sudah ditentukan, seperti saat anak anda pulang dari sekolah, atau saat pasangan anda sudah pulang ke rumah.
Aplikasi "find my phone" lain di Android adalah Where's my Droid (gratis/donate), Find My Phone ($0.99) dan Lost Phone (gratis).
Saya telah mencoba menggunakan iHound (pada iPhone) dan Where's my Droid (pada Android) dan keduanya dapat berfungsi baik. Bagaimanapun saya lebih suka membicarakan aplikasi yang gratis, apalagi jika aplikasi tersebut sama-sama dapat berfungsi dengan baik.
Oleh sebab itu saya tidak ingin membahas Find My Phone. Selain itu penjelasan tentang Lost Phone juga sudah banyak, maka saya juga melewatinya.
Update : Ada pula aplikasi LocateMyDroid yang dapat di-install pada handphone anda dan ini memakai peta dengan waktu yang real (realtime). Aplikasi ini juga gratis dan dapat digunakan dimana saja.
Hal yang paling saya sukai dari Plan B adalah ketika anda tidak punya alat yang bagus untuk meng-install, cukup over-the-air (OTA) dapat meng-install-kan untuk anda.
Bagaimana cara menggunakan Plan B
Lalu, bagaimanakah cara menggunakan Plan B?
Sangat sederhana:
1. Bukalah halaman aplikasi pada Android Market dan pilih tombol biru "install" di sebelah ikon aplikasi. (Anda harus sudah sign in ke akun Google anda terlebih dahulu)
2. Kotak pop-up akan keluar dan bertanya dimana anda akan mengirimkan aplikasi tersebut (jika saja anda memiliki lebih dari satu alat) dan juga mempertanyakan permintaan aplikasi tersebut kembali.
Pilih tombol "install" lagi untuk memulai proses.
3. Plan B akan ter-download pada handphone anda dan akan mengirimkan email ke akun Gmail anda dimana lokasi handphone anda (jika hal ini tidak berhasil, pinjam handphone teman anda dan ketik "locate" pada nomor telepon anda).
Anda akan langsung mendapatkan email dimana keberadaan handphone anda dan akan terus di-update selama jangka waktu 10 menit jika letaknya berubah. Lokasi tersebut juga akan disampaikan dengan jelas sehingga anda benar-benar dapat menemukan letak handphone anda.
Jika dalam 10 menit anda tidak mendapatkan email tentang keberadaan handphone anda, coba ulangi dengan mengetik "locate" lagi dan silakan menunggu prosesnya.
Beberapa pengguna aplikasi merasa terganggu ketika aplikasi tersebut mengirimkan email terus-menerus, oleh sebab itu disarankan untuk meng-uninstall aplikasi tersebut setelah handphone anda ditemukan.
Satu hal yang juga perlu dicatat adalah kekuatan GPS pada setiap handphone Android tentu berbeda-beda. Hal ini berdampak pada cepat tidaknya handphone anda ditemukan. Selain itu tentu saja aplikasi ini tidak akan berguna saat handphone anda hilang dalam keadaan mati.
Beberapa email yang dikirim Plan B tidak selalu sama. Ada yang akurat ada pula yang tidak.
Plan B (sementara ini) baru dapat dioperasikan di US.
Ada kabar yang mengatakan bahwa tidak selamanya Plan B akan tersedia dalam versi yang gratis. Lookout mengatakan bahwa saat ini Plan B gratis karena masih dalam tahap percobaan. Belum dapat dipastikan apakah ke depannya Plan B tetap akan menjadi aplikasi yang gratis.
Semoga saja anda tidak membutuhkan aplikasi pencari handphone seperti ini, namun jika anda tiba-tiba membutuhkannya Plan B dapat menjadi pilihan yang bagus untuk dicoba.

ayo Ke Postingan Menarik tentang SEO Belajar Jurus Seo Ampuh + Cara Menghasilkan Uang Di Internet Gratis + Ebook

5 comments:

  1. sama kaya fungsi di blackberry kayanya ya?
    kalo aplikasinya ga di install ya wassalam deh gadget kita :D

    btw nice info nih ;))

    ReplyDelete
  2. ada yang tau gak aplikasi yang menggunakan IMEI

    ReplyDelete
  3. kalau nomornya sudah tidak aktif masih bisa atau tidak ya? MOHON BANTUANNYA !!

    ReplyDelete
  4. tidak ada aplikasi yang sempurna.semua aplikasi pasti ada keterbatasan so.. semua tergantung kita menggunakannya..

    ReplyDelete
  5. Kalo kt udah nginstall plan b sebdlum hapenya hilang itu, gimana caranya si plan b ngirim alamat ke kita? Kalau wheres my droid kan tinggal sms, kalau plan b gimana ya?makasih:)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Yang Baik

Labels

 

Alexa

Total Pageviews

Blog Directory

Followers